Kamis, 04 Januari 2018

Tips Mencegah Rasa Nyeri Pada Puting Susu

Tips Mencegah Rasa Nyeri Pada Puting Susu
Tips Mencegah Rasa Nyeri Pada Puting Susu
IniKataku.com - Pada umumnya, saat awal menyusui, puting susu akan terasa nyeri. Ini disebabkan karena regangan yang di alami puting anda karena isapan bayi. Tapi, biasanya rasa nyeri ini hanya terjadi pada minggu-minggu pertama setelah melahirkan dan hanya bersifat sementara saja.
Tetapi bila rasa nyerinya berlajut, hinga berminggu minggu tidak juga sembuh, berarti ada sesuatu yang memicunya, seperti:
  • Nyeri karena penyakit. Dipicu oleh infeksi jamur, virus/bakteri, alergi. Untuk menghadapi hal-hal seperti ini, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter anda. Segera!
  • Nyeri akibat posisi anda saat menyusui, pelepasan puting oleh bayi secara mendadak, atau menggunakan alat pompa ASI yang tidak tepat. Nyeri yang di picu oleh hal-hal seperti ini bisa di perbaiki, tidak perlu penanganan Dokter, cukup mengubah kebiasaan anda saja. 

Dan, berikut ini adalah 8 Tips Mencegah Rasa Nyeri Pada Puting Susu:

  1. Hati-hati ketika melepaskan isapan bayi anda setelah menyusui. Biarkan bayi melepaskan sendiri saat ia telah selesai menyusui. Namun, bila ia sudah selesia menyusui dan belum dilepas, anda bisa melakukan ini: Masukkan jari kelinking anda melalui sudut mulut bayi, lalu secara perlahan lepaskan puting anda.
  2. Dianjurkan ibu menyusui tidak membasuh/membersihkan payudara menggunakan sabun setiap mandi dan tidak menggosokkan handuk, agar minyak alami di kulit sekitar payudara anda tidak hilang.
  3. Posisi menyusui dapat memicu rasa nyeri juga. Jadi, peletakan posisi bayi anda saat menyusui harus disesuaikan dengan kenyamanan anda dan bayi anda.
  4. Jangan memilih pompa ASI karena harganya yang murah meriah, atau mahal. Namun pilihlah yang paling sesuai dengan ukuran payudara anda.
  5. Oleskan sedikit ASI pada puting dan areola (lingkaran hitam di sekitar puting) sebelum dan sesudah menyusui. Fungsinya, untuk mempercepat penyembuhan luka.
  6. Tidak dianjurkan menggunakan saleb yang mengandung obat untuk mengurangi rasa nyeri.
  7. Jika diperlukan, anda tidak menggubakan BRA sehari atau 2 hari.
  8. Jika puting susu anda nyerinya berkelanjutan, sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter, karena hal ini bisa di picu oleh penyakit tertentu.

Demikian artikel tentang Tips Mencegah Rasa Nyeri Pada Puting Susu kali ini. Semoga saja bermanfaat bagi anda.

Tips Mencegah Rasa Nyeri Pada Puting Susu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Putry Amalia